Yuliana, Elsa Novia (2020) PERANAN MANAJER SEBAGAI PEMIMPIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
Abstract
Elsa Novia Yuliana, 2020. Peranan Manajer Sebagai Pemimpin Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo). Dibawah bimbingan Drs. Wahyudin, M.Ti Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo atau KOPRUSMAT Cicendo merupakan koperasi yang berlokasi di Jalan Cicendo No. 4 CicendoBandung yang memiliki 21 karyawan dan 471 anggota. Unit usaha yang dikelolan oleh Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo atau KOPRUSMAT Cicendo yaitu, unit usaha minimarket (cicendomart) 1 dan 2, ATK, Usaha Simpan Pinjam (USP), parkir, dan pengadaan barang jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan menjelaskan peranan manajer sebagai pemimpin dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan yang ada di Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo atau KOPRUSMAT Cicendo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah stadi kasus dengan analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 21 orang karyawan Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo atau KOPRUSMAT Cicendo. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peranan manajer sebagai pemimpin dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dapat dikategorikan cukup. Artinya adanya variable yang masih belum optimal yang dapat dikatakan belum baik. Sehingga hasilnya berdampak pada indicator-indikator kinerja karyawan yang belum bisa dikatakan baik seperti pada indikator penyelesaian pekerjaan rutin dan penyelesaian pekerjaan tambahan masih belum bisa dikatakan baik atau bahkan kurang baik. Maka dari itu ada hubugan yang kuat antara peranan manajer sebagai pemimpin dalam upaya meningktakan kinerja karyawan yang terlihat dari rekapitulasi hasil observasi, wawancara, dan hasil kuisioner penelitian yang telah diolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Manajer Sebagai Pemimpin, Kinerja Karyawa |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:09 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 08:09 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |