Lathifah, Iva (2020) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PEMBAYARAN DANA PENSIUN BULANAN (Studi kasus pada PT.Taspen KCU Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (100kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penulisan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah sistem aplikasi Taspen Otentikasi sudah berjalan sesuai dengan tujuannya, untuk mengetahui adanya penyelesaian atas kendala dari permasalahan pada aplikasi Taspen Otentikasi, dan untuk mengetahui adanya upaya dalam mencegah masalah sebelum masalah itu benar-benar terjadi pada aplikasi Taspen Otentikasi. Penulisan ini dilakukan di PT. Taspen (Persero) KCU Bandung. Metode Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini penulis tidak menggunakan populasi, karena penelitian kualitatif berangkat dari kasus tertentu yang ada pada situasi sosial tertentu dan hasil kajiannya tidak dapat diberlakukan populasi, tetapi ditransferkan ke tempat lain pada situasi sosial yang memiliki kesamaan dengan situasi sosial pada kasus yang dipelajari. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan mewawancarai langsung kepada informan. Analisis data dalam penelitian kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem informasi akuntansi yang diterapkan PT.Taspen sudah baik, dikarenakan semua pekerjaan sudah terhubung oleh system dari mulai proses akuntansi, mengoperasionalkan dana pensiun pegawai negeri, hingga membantu kinerja karyawan sehari-hari; (2) Prosedur pembayaran sudah cukup baik, karena proses pembayarannya sudah sesuai dengan urutan prosedur yang ada di lapangan, tetapi pada aplikasi Taspen Otentikasi masih terdapat kendala server error dan lambatnya jaringan koneksi internet yang menyebabkan error data. Tetapi tahapan yang dilakukan sudah sesuai dengan urutan prosedur yang ada di lapangan. (3) Upaya yang dilakukan PT.Taspen untuk melakukan pembayaran dana pensiun sudah baik, karena sudah berusaha mengadakan sosialisasi di berbagai berupaya untuk mengoptimalkan penerapan sistem digitalisasi ini. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan PT. Taspen (Persero) untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini, namun masih banyak peserta pensiun yang belum memahami manfaat dan pentingnya layanan ini. Terbukti dengan banyaknya peserta pensiun yang datang ke Kantor Taspen untuk melakukan enrollment dan seringkali menanyakan informasi terkait aplikasi Taspen Otentikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi akuntansi, sistem pembayaran, Dana Pensiun |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA AKUNTANSI > AKUNTANSI KEUANGAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:55 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:55 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
View Item |