Sutriana, Tia (2020) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi kasus pada Unit Mini Market KPRI KPKS Kesehatan Sumedang Kabupaten Sumedang Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tia. Sutriana (2020), Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus pada Unit Mini Market “Husada” KPRI-KPKS Sumedang), di bawah bimbingan bapak Dr. Eka Setiajatnika, S.E., M.Si. Objek dari penelitian ini yaitu Unit Mini Market “Husada”. Pendapatan Unit Mini Market mengalami fluktuatif, mengindikasikan masih rendahnya partisipasi anggota pada Unit Mini Market “Husada”. Kondisi ini terjadi diduga karena harga tidak jauh berbeda dengan pesaing, lokasi yang cukup jauh dari pusat kegiatan anggota dan kurang lengkapnya varian produk. Sehingga anggota tidak dapat merasakan manfaat ekonomi secara langsung. Fakor-faktor tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan bauran eceran diduga belum dikelola dengan baik. Bauran eceran adalah salah satu keunggulan yang dapat diciptakan koperasi yaitu memfokuskan bisnisnya pada kepuasan pelanggan dimana pelanggan akan setia mengkonsumsi atau menggunakan jasa koperasi secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran eceran oleh Unit Mini Market “Husada” KPRI-KPKS Sumedang, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran eceran, mengetahui tingkat partisipasi anggota terhadap Unit Mini Market “Husada”, serta untuk mengetahui bauran eceran dapat meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di Unit Mini Market “Husada”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik scoring dengan skala likert. iv Hasil penelitian menunjukan tanggapan anggota mengenai pelaksanaan bauran eceran pada Unit Mini Market “Husada” cukup baik, tapi ada beberapa indikator yang masih kurang baik seperti harga jual dibanding pesaing, promosi penjualan, ketersediaan produk, varian produk, interior dan pencahayaan. Untuk itu Unit Mini Market “Husada” harus memperhatikan bauran eceran yang diharapkan oleh anggota, agar partisipasi anggota sebagai pembeli bisa meningkat. Saran dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap bauran eceran yang telah dilaksanakan namun masih belum maksimal atau berjalan dengan baik, seperti iklan, promosi penjualan, perbandingan harga dengan pesaing, pencahayaan atau tampilan luar toko agar anggota lebih tertarik untuk bertransaksi pada Unit Mini Market “Husada” dan memberikan manfaat ekonomi langsung untuk anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran (Ritail Mix), Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:08 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:08 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |