Viryaguna, Eric Maitri (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Kec Tomo Kab Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
Abstract
Eric Maitri Viryaguna, Analisis Kualitas Pelayanan Dan Promosi Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi (Studi kasus pada Koperasi Pertanian Sumbebr Tani Mandiri Sumedang) di bawah bimbingan Drs. Agus Arifin, SE, M.SI. Ak. Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri yang anggotanya adalah rata-rata sebagai petani di Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang. Dalam menjalankan usahanya Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri memiliki beberapa unit usaha yaitu simpan pinjam, waserda, sarana produksi pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peranan kualitas pelayanan koperasi terhadap anggota, pengembangan promosi koperasi terhadap anggota, dan kualitas pelayanan dan promosi terhadap peningkatan partisipasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan di Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri dilihat dari jawaban responden secara keseluruhan dalam kriteri cukup baik perlu adanya perbaikan dan pengembanan kembali agar tercapainya partisipasi anggota yang lebih baik dengan memperhatikan indikator yang masih dalam kriteria cukup baik seperti, kecepatan karyawan dalam melayani, perhatian karyawan terhadap anggota. (2) Promosi Koperasi di Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri dilihat dari jawaban responden secara keseluruhan mendapat kriteria cukup baik. Adapun beberapa hal yang harus di tingkatkan dan di perhatikan oleh karyawan dan pengurus seperti penggunaan media promosi yang masih kurang baik, inovasi baru yang dilakukan koperasi, penyempurnaan kualitas produk, penggunaan iklan produk, penjelasan manfaar produk, yang harus di perhatikan dan di tingkatkan menurut indikator. (3) Upaya yang dilakukan kualitas pelayanan dan promosi koperasi dalam meningkatkan partisipasi adalah dengan meningkatkan, mengembangkan, dan memperhatikan kualitas pelayanan dan promosi nya sendiri bagi koperasi, dengan melihat indikator yang telah di nilai oleh responden.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Promosi Koperasi, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:40 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:40 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |