-, Nurhany (2019) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PERDAGANGAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Harapan Kita, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
Abstract
Nurhany, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Perdagangan Terhadap Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, Di bawah bimbingan Dr. Trida Gunadi, SE., M. Si. Sumber daya manusia mempunyai peran sangat penting dalam pengelolaan bisnis ritel ini, karena membutuhkan kesiapan pengelolaan dalam arti sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan keterampilan (baik softs kill maupun hard skill) dalam hal manajerial penjualan ritel dan sekaligus kepekaan dalam melihat peluang agar dapat memiliki kompetensi untuk bertahan dalam bisnis ritel. Hal ini bisa dilihat dari jam kerja yang berbeda, pentingnya sumber daya manusia ini akan mempengaruhi kelangsungan perusahaan. Dan jika bisnis ini mengalami penurunan, baik dalam pengelolaannya dan terutama dilihat dari omset penjualannnya, maka peran manajemen untuk sumber daya manusianya yang harus diperbaiki, karena perusahaan sendiri pada umumnya mempunyai tujuan dan harapan yang sama yaitu memperoleh laba dalam jangka panjang agar perusahaan yang dikelolanya tetap berkembang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi sumber daya manusia bidang perdagangan Koperasi Karyawan Harapan Kita. (2) Partisipasi anggota sebagai pelanggan Koperasi Karyawan Harapan Kita. (3) Pengaruh kompetensi sumber daya manusia bidang perdagangan terhadap partisipasi anggota sebagai pelanggan Koperasi Karyawan Harapan Kita. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Analisis data menggunakan analisis regresi linier. Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan (penyebaran kuisioner, wawancara dan observasi). Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan convenience sampling (kemudahan). Penilaian anggota terhadap kompetensi sumber daya manusia bidang perdagangan dengan perolehan skor sebesar 1.033 termasuk dalam kategori cukup baik, dimana dari 9 (sembilan) indikator penilaian terdapat 2 (dua) indikator dengan penilaian baik, 6 (enam) dengan penilain cukup baik, dan 1 (satu) dengan penilaian kurang baik. Tanggapan responden terhadap partisipasi anggota koperasi sebagai pelanggan dengan perolehan skor sebesar 430 dengan persentase pencapaian sebesar 59,33% termasuk dalam kategori cukup baik, dimana dari 4 (empat) indikator penilaian terdapat 1 (satu) indikator dengan penilaian kurang baik, 2 (dua) indikator dengan penilaian cukup baik, 1 (satu) indikator dengan penilaian baik. Hasil uji nilai koefisien determinasi (R2 ) berdasarkan tabel 4.30 adalah 0,695 atau 48,3%. Artinya kompetensi sumber daya manusia bidang perdagangan berpengaruh sebesar 48,3% terhadap partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Koperasi Karyawan Harapan Kita, sedangkan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang dianalisis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi SDM, Partisipasi Anggota, Pelanggan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:38 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:38 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |