Sani, Rahmadita Dwi Sani (2021) ANALISIS MOTIF BELI BERLANGGANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBELIAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Toko Koperasi Karyawan Wijaya Utama). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (60kB) |
Abstract
Rahmadita Dwi Sani (2021), Analisis Motif Beli Berlangganan Dalam Upaya Meningkatkan Pembelian Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan Wijaya Utama), di bawah bimbingan Dr. H. Wawan Lulus Setiawan, Ir., M.Sc. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan menurunnya jumlah volume penjualan pada unit toko beberapa tahun terakhir meskipun sebenarnya potensi pasar yang bisa dicapai oleh unit toko cukup tinggi. Berdasarkan pernyataan dari karyawan koperasi pada unit toko kebanyakan konsumen lebih banyak membeli makanan ringan dan minuman namun untuk bahan pangan seperti beras, minyak, diterjen, dan kebutuhan sehari hari itu kurang dan lebih banyak belanja diluar koperasi. Penurunan ini disebabkan karena unit toko belum sepenuhnya mengetahui motif beli dari anggota. Oleh karena itu, koperasi harus meningkatkan pendapatan unit toko dengan mengetahui motif beli anggotanya terlebih dahulu, agar koperasi dapat mencapai pendapatan yang diharapkan. Motif ini berkaitan dengan motif beli berlangganan, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi seorang konsumen berbelanja di toko tertentu. Dengan mengetahui motif beli berlangganan maka unit toko akan memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli khususnya anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan unit toko dalam meningkatkan jumlah penjualan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan skala likert dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang, yaitu dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif dengan bantuan alat perhitungan diagram Cartesius maka didapatkan hasil dari penggabungan tanggapan dan harapan anggota mengenai unit toko. Sehingga dapat diketahui upaya yang harus dilakukan pada unit toko. Hasil penelitian menunjukan motif beli berlangganan pada unit toko sudah baik tapi ada beberapa indikator yang masih lemah seperti belum ditunjang oleh perangkat keras dan lunak yang memadai, belum adanya petunjuk lini produk, belum lengkapnya ketersediaan produk dan pembelian anggota pada toko sudah baik namun ada indikator yang masih lemah seperti sumber informasi yang belum cukup jelas, untuk itu toko harus memperbaiki indikator-indikator yang lemah sehingga nanti anggota cukup kuat berkeinginan untuk berbelanja di unit toko.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif Beli Berlangganan, Pembelian. |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:58 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:58 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |