ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi kasus Pada Unit Usaha Tempat Pelelangan Ikan Koperasi Unit Desa Misaya Mina Kabupaten Indramayu Provinsi Jawabarat)

-, Suryani (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi kasus Pada Unit Usaha Tempat Pelelangan Ikan Koperasi Unit Desa Misaya Mina Kabupaten Indramayu Provinsi Jawabarat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB)

Abstract

Suryani (2021), Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota ( Studi Kasus Pada Unit Usaha Tempat Pelelangan Ikan Koperasi Unit Desa Misaya Mina Indramayu) Dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Shofwan Azhar Solihin M.sc Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai menurunya tingkat partisipasi anggota sebagai Partisipan di unit usaha tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu pada beberapa tahun belakangan ini. Hal ini harus segera di lakukan pembenahan oleh koperasi agar partisipasi anggota tidak menurun di periode selanjutnya dengan mengetahui kualitas pelayanan yang di terapkan pada unit usaha tempat pelelangan ikan agar tingkat kenyamanan anggota meningkat dan partisipasi anggota juga meningkat. Kualitas pelayanan adalah pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan secara kompetitif ekonomi hal tersebut bertujuan untuk memuaskan pelanggan dan mempengaruhi keputusan para nelayan untuk mau menggunakan jasa tempat pelelangan ikan untuk menjual hasil tangkapan ikanya maka dengan demikian unit usaha tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan anggotanya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan unit usaha tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu dalam meningkatkan partisipasi anggotanya. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif dan teknik skoring dengan menggunakan skala Likert. Yakni dengan mengubah data-data kualitatif menjadi data kuantitatif sehingga dapat dilakukan sebuah perhitungan. Penelitian ini mengambil kesimpulan berdasarkan pada hasil perhitungan agar di ketahui bagaimana upaya yang unit usaha tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu lakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil tanggapan anggota mengenai pelaksanaan kualitas pelayanan pada unit usaha tempat pelelangan ikan bisa di kategorikan pada kategori vi yang baik, namun ada beberapa indikator yang masih harus menjadi perhatian salah satunya indikator tingkat kesiap siagaan pengurus unit usaha tempat pelelangan ikan. Maka dengan demikian, Pengurus harus bisa lebih meningkatkan lagi kualitas pelayananya sesuai dengan harapan anggota agar partisipasi anggota meningkat. Kemudian ada beberapa harapan anggota yang dirasa masih belum optimal untuk dilaksanakan oleh pengurus tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu yaitu pada indikator Keamanan dan indikator tentang cara pengurus mendengarkan dan mengerti keluhan serta kritik dari para anggota. maka dari itu koperasi harus bisa memperbaiki kinerja pelayananya pada indikator�indikator yang dirasa masih belum optimal seperti kedua indikator tersebut. Saran dari hasil penilitian ini yaitu dengan menyebarkan undangan terbuka untuk para bakul ikan agar memberikan daya saing pada harga karena hal tersebut akan menguntungkan anggota koperasi, tata cara pengurus menyampaikan tanggapan atas kritik dan keluhan anggota juga harus lebih diperhatikan agar tidak menyinggung anggota yang telah menyampaikan pendapatnya. Pelaksanaan pelatihan untuk calon juru lelang agar ada pengganti ketika juru lelang utama tidak bisa hadir pada saat kegiatan pelelangan serta melakukan peninjauan kembali dan melakukan pemeriksaan terhadap peralatan dan fasilitas unit tempat pelelangan ikan KUD Misaya Mina Indramayu

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:57
Last Modified: 17 Apr 2025 04:57
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item