ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI TRANSAKSI E-COMMERCE (Studi Kasus pada Unit Usaha Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI Sasakadana Garut)

NurFajar, Rizki Agustus (2021) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI TRANSAKSI E-COMMERCE (Studi Kasus pada Unit Usaha Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI Sasakadana Garut). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB)

Abstract

Rizki Agustus NurFajar (2021), Analisis Strategi Peningkatan Partisipasi Anggota Melalui Transaksi E-commerce (Studi kasus pada Unit Usaha Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI Sasakadana Garut), dibawah bimbingan bapak Dr. Trida Gunadi, S.E.,M.Si. Objek dari penelitian ini yaitu Unit Usaha Waserda Koperasi KPRI Sasakadana Garut. Pendapatan Unit Usaha Waserda mengalami kenaikan dan penurunan, kondisi ini diduga terjadi karena mulai dari jarak tempuh yang jauh, sibuknya anggota untuk bisa datang berbelanja dikoperasi, dan anggota ingin yang lebih efisien. Sehingga anggota tidak dapat merasakan manfaat ekonomi secara langsung. Fakor-faktor tersebut menunjukan bahwa sistem bisnis koperasi masih mengalami kesulitan untuk dapat dikases secara langsung oleh anggota koperasi. E-commerce adalah salah satu solusi yang dapat diciptakan koperasi yaitu dapat menghubungkan perusahaan, konsumen dan suatu komunitas melalui transaksi elektronik serta perdagangan barang produk, layanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Digitalisasi layanan Unit Usaha Waserda Koperasi KPRI Sasakadana Garut, mengetahui kepuasan dan kepentingan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan layanan Unit Usaha Waserda, serta untuk mengetahui transaksi E-commerce dapat meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di Unit Usaha Waserda Koperasi KPRI Sasakadana Garut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik scoring dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan kepuasan anggota mengenai pelaksanaan toko offline Unit Usaha Waserda Koperasi KPRI Sasakadana Garut cukup baik, tapi ada beberapa indikator yang dirasa masih harus diperbaiki untuk mencapai hasil yang baik. Untuk itu dengan pelaksanaan Digitalisai Layanan Unit Usaha Waserda diharapkan mampu meningkatkan volume transaksi anggota koperasi, agar partisipasi anggota sebagai pembeli bisa meningkat. Saran dari penelitian ini adalah Dengan memanfaatkan semua konsep digital. dengan kemudahan dalam melakukan layanan dan transaksi telah memudahkan Anggota dalam melakukan aktivitas ekonomi nya dan pastinya anggota tersebut dapat menggunakan kembali layanan yang diberikan oleh koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Transaksi E-commerce
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 19 May 2023 06:47
Last Modified: 19 May 2023 06:47
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item