ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENYALURAN PEMBIAYAAN (Studi Kasus pada Unit Jasa Keuangan Syariah Koperasi Syariah Warga Binangkit Kota Banjar Jawa Barat)

Sulistiani, Rista (2021) ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENYALURAN PEMBIAYAAN (Studi Kasus pada Unit Jasa Keuangan Syariah Koperasi Syariah Warga Binangkit Kota Banjar Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)

Abstract

Rista Sulistiani, C1170015. Analisis Bauran Promosi dalam Upaya Meningkatkan Penyaluran Pembiayaan, studi kasus pada Unit Jasa Keuangan Syariah Koperasi Syariah Warga Binangkit Kota Banjar Jawa Barat dengan badan hukum: 188.42/02/PAD/BH/XII.22/PERINDAGKOP/I/2020. Jalan Dr. Husen Kartasasmita No. 47 Kelurahan Banjar Kota Banjar Jawa Barat 46311. Dibawah Bimbingan Dra. Hj. Rosti Setiawati, M. Si. Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan penulis pada survey pendahuluan, yaitu terjadi penurunan pada layanan penyaluran pembiayaan, persentase pertumbuhan penyaluran pembiayaan terus menurun dilihat dari tabel pendapatan unit usaha koperasi syariah warga binangkit tahun 2016-2020. Seperti yang diketahui bahwa setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh koperasi harus dapat memberikan manfaat ekonomi (cooperative effect) bagi anggota sebagai pemilik sekaligus pelanggan koperasi. Layanan penyaluran pembiayaan dapat memberikan manfaat ekonomi langsung bagi anggota berupa memperoleh penyaluran pembiayaan dan manfaat tidak langsung bagi anggota berupa persentase pendapatan sisa hasil usaha bagian anggota untuk anggota. Apabila penyaluran pembiayaan mengalami penurunan, maka manfaat ekonomi tersebut akan berkurang, sehingga untuk meningkatkan manfaat ekonomi tersebut perlu meningkatkan penyaluran pembiayaan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus metode deskriptif analisis yang dilakukan pada Unit Jasa Keuangan Syariah. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi pustaka, wawancara, observasi, dan kuesioner yang disebarkan kepada responden yaitu anggota koperasi yang pernah memperoleh penyaluran pembiayaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Koperasi Syariah Warga Binangkit (KOSWARKIT) melakukan bauran promosi periklanan ii (advertising), publisitas (public relations), dan word of mouth. Berdasarkan kuesioner bauran promosi yang efektif yaitu publisitas (public relations), word of mouth merupakan bauran promosi yang cukup efektif, dan periklanan merupakan bauran promosi yang tidak efektif sebagai sarana bauran promosi dalam upaya meningkatkan penyaluran pembiayaan. Dalam penyaluran pembiayaan Koperasi Syariah Warga Binangkit memperhatikan kepercayaan, kesepakatan, jangkawaktu, resiko, dan balas jasa

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Penyaluran Pembiayaan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:26
Last Modified: 05 Mar 2025 06:26
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item