STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI ERA PANDEMI DAN PERAN KOPERASI DALAM MENDUKUNG USAHA ANGGOTA (Studi Kasus Pada UMKM ‘Arofah Food Jaya Anggota Koperasi Cipta Boga Mandiri di Kota Semarang)

Muzaiyyannah, Fadlan (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI ERA PANDEMI DAN PERAN KOPERASI DALAM MENDUKUNG USAHA ANGGOTA (Studi Kasus Pada UMKM ‘Arofah Food Jaya Anggota Koperasi Cipta Boga Mandiri di Kota Semarang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Fadla Muzaiyyannah, 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Era Pandemi Dan Peran Koperasi Dalam Mendukung Usaha Anggota” (Studi Kasus pada UMKM ‘Arofah Food Jaya Anggota Koperasi Cipta Boga Mandiri di Kota Semarang), di bawah bimbingan Bapak Gijanto Purbo Suseno dan Bapak Jaka Sudewa.Usaha ‘Arofah Food Jaya merupakan usaha mikro kecil menengah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan adalah bolu kukus. Pemilik dari UMKM ‘Arofah Food Jaya ini adalah anggota dari Koperasi Cipta Boga Mandiri. Usahanya sudah berjalan sejak tahun 2010 serta sudah memiliki sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan beberapa surat ijin lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan volume penjualan di era pandemi dan peran koperasi dalam mendukung usaha anggota.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ‘Arofah Food Jaya dalam meningkatkan volume penjualan di era pandemi perlu perhitungan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta koordinator posisi ‘Arofah Food Jaya yang berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif. Hal tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan karena perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada seperti menambah jumlah produksi produk-produk dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah di dapat untuk meningkatkan kualitas produk. Memperbaiki jangkauan pasar dengan memperluas pangsa pasar seperti lebih memperbanyak kerjasama dengan PUJASERA di berbagai wilayah yang ada di Kota Semarang, meningkatkan promosi dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram, facebook dan story whatsapp agar dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dengan begitu ketika di saat pandemi ‘Arofah Food Jaya akan tetap eksis dan volume penjualan akan terus meningkat. Adanya strategi pemasaran dengan melihat pada dua faktor yaitu yang pertama ada pasar target/sasaran yang berisi segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran dan penempatan produk, lalu yang kedua ada bauran pemasaran yang berisi produk, harga, promosi dan saluran distribusi/tempat. Peran Koperasi Cipta Boga Mandiri dalam mengembangkan usaha anggota yaitu dengan memberikan harga bahan baku yang lebih murah dari pasaran, saluran distribusi yang mudah dan pelatihan pengembangan usaha kepada anggota

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Peran Koperasi Kepada Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:26
Last Modified: 13 Feb 2025 07:26
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item