Analisis Pelayanan Unit Usaha Susu Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sinar Jaya Ujungberung)

Pahlifi, Shalsabilla Florina (2018) Analisis Pelayanan Unit Usaha Susu Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sinar Jaya Ujungberung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Sebuah pelayanan terpusat kepada upaya pemenuhan kebutuhan dari keinginan masyarakat. Pelayanan juga berkaitan dengan ketepatan dalam penyampaian untuk mengimbangi keinginan pelanggan. Oleh karna itu pelayanan yang ada di dalam suatu perusahaan atau di koperasi harus dapat melayani dengan sepenuh hati dan baik agar bisa meningkatkan kepuasan anggota dan membuat anggotanya menjadi aktif. Pelayanan adalah salah satu hal yang penting pada sebuah perusahaan. Jika ingin konsumen tetap menggunakan produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan, maka harapan konsumen dan kenyataan yang diberikan oleh koperasi harus sesuai. Jika pelayanan yang diberikam oleh koperasi sesuai dengan harapan anggota maka anggota akan merasa puas dan akan meningkatkan partisipasi anggota tersebut. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pelayanan unit usaha susu yang diberikan oleh karyawan atau pengurus termasuk dalam kriteria baik. Tetapi ada beberapa variabel dan indikator dari pelayanan unit usaha susu masih ada yang harus ditingkatkan agar anggota akan merasakan puas dengan pelayanan unit usaha susu setelah itu anggota akan melakukan transaksi lebih sering. Indikator yang berada pada kriteria sangat baik adalah kecukupan persediaan ternak dengan harapan anggota yg mendapatkan kriteria sangat penting, standar kualitas dan kuantitas berada pada kriteria sangat baik dimana harapan anggota berada pada Formatted: BAB, Space After: 0 pt, Line spacing: single Formatted: Justified, Indent: First line: 1,27 cm, Space After: 8 pt, Line spacing: Double kriteria penting, kecepatan pelayanan dan keramahan pelayanan juga berada pada kriteria sangat baik dengan harapan anggota yang berada pada kriteria cukup penting. Indikator waktu pelayanan berada pada kriteria baik sedangkan harapan anggota berada pada kriteria cukup penting. Selanjutnya adalah indikator pelaksanaan yang berada pada kriteria cukup baik adalah kemampuan dalam pelayanan makan ternak sedangkan harapan dari harapan anggota untuk indikatpr ini adalah sangat penting, pelayanan kesehatan hewan juga berada pada kriteria cukup baik sedangkan harapan anggota berada pada kriteria penting. Dan indikator kesesuaian harga yang ditawarkan dengan harapan anggota berada pada kriteria kurang baik sedangkan harapan anggota berada pada kriteria sangat penting. Pelayanan yang diberikan karyawan dan pengurus koperasi sudah baik tetapi anggota merupakan hal yang utama dan yang memiliki peran besar dalam koperasi. Sehingga setiap upaya koperasi untuk kesejahteraan anggota siapa lagi kalau bukan sekumpulan anggota yang berpartisipasi. Setelah mengetahui bagaimana pelayanan unit usaha susu dan partisipasi anggota KUD SinarJaya Ujungberung maka upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan unit usaha susu dan meningkatkan partisipasi anggota KUD Sinar Jaya Ujungberung adalah dengan caramenggunakan materi atau non materi. Contoh dengan menggunakan materi adalah seperti pemberian bonus, tunjangan, komisi dan insentif serta lainnya. Sedangkan peningkatan melalui non materi yaitu dengan cara memberikan suatu motivasi kepada semua komponen atau unsur yang ada dalam suatulingkungan tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Unit Usaha, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:52
Last Modified: 13 Feb 2025 04:52
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item