Chania, Esya Dhita (2022) ANALISIS KEGIATAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Niaga Koperasi Pegawai Pemerintahan Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (13kB) |
Abstract
Fungsi promosi dalam koperasi adalah untuk meyakinkan anggota maupun non anggota bahwa barang dan jasa yang ditawarkan di koperasi memiliki keunggulan tersendiri. Begitu pun juga pada koperasi pegawai pemerintah kota Bandung, kegiatan promosi harus dikembangkan untuk meningkatkan partisipasi anggota, namun dari fenomena yang ada pada Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung perkembangan partisipasi anggota pada unit usaha niaga cenderung fluktuatif dan juga pertumbuhan penjualan pada unit usaha niaga cenderung fluktuatif. Penulis menduga partisipasi anggota yang menurun disebabkan karena informasi yang tidak sampai kepada anggota dan persebaran anggota yang tersebar luas di wilayah kota Bandung menyebabkan informasi tidak sampai kepada anggota. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat ini dengan menguji kegiatan promosi dalam upaya meningkatkan partisipasi anggota.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus melalui pengumpulan data observasi, kuesioner, studi kasus pustaka, dan melakukan wawancara. Sampel penelitian ini adalah 35 anggota sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan analisis skala liker dan diagram kartesius. Berdasarkan penelitian didapat hasil bahwa kegiatan promosi Unit Usaha Niaga KPKB masih belum dirasa baik oleh anggota tak jarang informasi mengenai Unit Usaha Niaga KPKB tidak sampai kepada anggota. Untuk itu, Unit Usaha Niaga perlu adanya perbaikan dalam pengolahan kegiatan promosi mengenai penyampaian produk, meningkatkan citra unit usaha niaga, mengingatkan mengenai jasa – jasa dan produk – produk Unit Usaha Niaga KPKB kepada anggota sehingga informasi mengenai unit usaha niaga sampai kepada anggota serta dapat selalu diingat oleh anggota dengan begitu partisipasi anggota meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Promosi, Partisipasi, Pelanggan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:27 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:27 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |