-, HERIYAH (2023) ANALISIS PERAN PENGURUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus Development pada Unit Usaha Toko Koperasi Serba Usaha Budidaya Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover s.d Daftar Isi - Ria Heriyah.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Ria Heriyah.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
BAB II - Ria Heriyah.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
|
Text
BAB III - Ria Heriyah.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text
BAB IV - Ria Heriyah.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text
BAB V - Ria Heriyah.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Ria Heriyah.pdf Download (18kB) |
Abstract
Heriyah 2023, Analisis Peran Pengurus Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus development pada unit usaha toko Koperasi Serba Usaha Budidaya yang beralamat di JL. Rajamantri II/9 Buah Batu Kota Bandung, Jawa Barat yang dibimbing oleh Hj.Yuanita Indriani KSU Budidaya merupakan koperasi serba usaha yang memiliki anggota sebanyak 204 orang. Usaha yang dijalankan KSU Budidaya adalah unit usaha simpan pinjam dan unit usaha toko. KSU Budidaya ini juga dikelola oleh tiga pengurus, tiga pengawas dan tujuh karyawan diantaranya dua karyawan di unit usaha simpan pinjam dan lima karyawan di unit usaha toko. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran peran pengurus dan mengetahui gambaran partisipasi anggota sebagai pelanggan pada unit usaha toko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus secara kualitatif yang termasuk dalam penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini digambarkan dalam pedoman wawancara, observasi dan studi pustaka yang dimana wawancara itu langsung kepada pengurus dan anggota. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di unit usaha toko KSU Budidaya telah berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi dalam meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di unit usaha toko KSU Budidaya, perlu adanya perbaikan di pelayanan unit usaha toko agar terlihat menarik dimata anggota. Peran pengurus dalam menjalankan tugasnya dengan baik namun upaya yang harus dilakukan pengurus dalam meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan perlu adanya pendidikan perkoperasian kepada anggota yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman anggota terhadap peran dan fungsinya serta ketersediaan barang harus terpenuhi sesuai dengan kebutuhan anggota agar anggota mau berpartisipasi dalam melakukan transaksi pembelian di unit usaha toko KSU Budidaya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Pengurus, Partisipasi Anggota dan Anggota Sebagai Pelanggan |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:36 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:36 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
