-, Masrukhin (2023) MODERNISASI PELAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus Pada Unit Usaha Pelayanan Umum Koperasi Pegawai Republik Indonesia Hanukarya, Kota. Bandung, Jawa Barat. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN - masrukhin.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
BAB I - masrukhin.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
BAB II - masrukhin.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
|
Text
BAB III - masrukhin.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
|
Text
BAB IV - masrukhin.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text
BAB V - masrukhin.pdf Download (75kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - masrukhin.pdf Download (105kB) |
Abstract
Masrukhin, 2023. Modernisasi Pelayanan Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. (Studi Kasus Pada Unit Usaha Pelayanan Umum Koperasi Pegawai Republik Indonesia Hanukarya, Kota. Bandung, Jawa Barat). Di bawah bimbingan Heri Nugraha dan Siti Maryam. Modernisasi pelayanan memiliki manfaat positif bagi Unit Usaha Pelayanan Umum di KPRI Hanukarya dengan memanfaatkan teknologi terkini, unit toko dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik, misalnya dengan layanan pembayaran melalui pembayaran digital, atau aplikasi seluler untuk pembelian online sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan berbelanja. Partisipasi anggota memiliki manfaat positif bagi keberhasilan koperasi hal ini disebabkan oleh kedudukan anggota yang sebagai pemilik sekaligus sebagai pelanggan koperasi. sebagai pemilik koperasi, anggota harus berupaya mendukung manajemen organisasi dalam permodalan koperasi. Modernisasi merupakan proses pergantian dari sesuatu perihal yang belum maju berubah ke arah yang lebih maju. Modernisasi pelayanan koperasi harus fokus pada peningkatan pelayanan kepada anggota, ini mencakup penyediaan layanan yang lebih komprehensif dan inovatif, seperti layanan online yang lebih cepat dan aksesibilitas yang lebih baik melalui platfrom digital. Partisipasi Anggota merupakan keterlibatan anggota di dalam organisasi dan koperasi, baik dalam kedudukannya sebagai pemilik maupun sebagai pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survey, pendekatan menggunakan metode studi kasus (case study), dengan dianalisis deskriptif secara kuantitatif setiap indikator. Perolehan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa partisi-pasi anggota terhadap volume pemanfaatan pelanggan di koperasi dari tahun 2019 sampai 2022 terus terjadi penurunan dan Frekuensi pemanfaatan pelanggan kepada Unit Usaha Pelayanan Umum sangat baik karena anggota selalu berbelanja ke unit toko di selasela waktu jam istirahat kerja selain itu yang berkunjung ke Unit Usaha Pelayanan Umum dalam sehari itu berkisar 200 anggota yang berkunjung ke Unit Usaha pelayanan Umum. Modernisasi pelayanan koperasi yang dilakukan di Unit Usaha Pelayanan Umum KPRI Hanukarya mendapatkan skor “958” masuk kedalam kategori “Baik”. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui modernisasi pelayanan koperasi di Unit Usaha Pelayanan Umum KPRI Hanukarya untuk mengupayakan agar KPRI Hanukarya lebih meningkatkan pengecekan stok barang dan menyediakan barang yang lebih variatif agar anggota selalu memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh koperasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modernisasi, Pelayanan, Partisipas |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:22 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:22 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
