ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME TRANSAKSI ANGGOTA : Studi kasus pada Unit Usaha Toko Koperasi Serba Usaha Budi Daya Bandung

Nurapipah, Aulia (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME TRANSAKSI ANGGOTA : Studi kasus pada Unit Usaha Toko Koperasi Serba Usaha Budi Daya Bandung. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover - Daftar Isi - Aulia Afifah.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB I - Aulia Afifah.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II - Aulia Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III - Aulia Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV - Aulia Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V - Aulia Afifah.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Aulia Afifah.pdf

Download (157kB)

Abstract

AULIA NURAPIPAH. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Transaksi Anggota. Studi Kasus pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Budi Daya Bandung, di bawah bimbingan Ami Purnamawati. Koperasi Serba Usaha (KSU) Budi Daya merupakan Koperasi Multi Purpose atau Koperasi yang menjalankan usaha lebih dari satu macam untuk kebutuhan ekonomi para anggota, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam dan Unit Usaha Toko. Permasalahan yang dihadapi KSU Budi Daya yaitu volume transaksi anggota sangat rendah yang disebabkan oleh penerapan strategi pemasaran yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dan strategi pemasaran yang sebaiknya digunakan untuk meningkatkan volume transaksi anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan masalah dengan teori-teori manajemen, pemasaran dan perkoperasian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Unit Toko KSU Budi Daya dalam meningkatkna transaksi anggota, dan data yang diperoleh melalui analisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, studi Pustaka yang dianalisis secara desktiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran KSU Budi Daya saat ini berada pada kuadran I yang artinya Unit Toko KSU Budi Daya memiliki kekuatan dan dapat memanfaatkan peluang. Strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi agresif dengan mendukung Growth Oriented Strategy agar kinerja pemasaran pada koperasi dapat optimal dan koperasi dapat meningkatkan transaksi anggotanya. Indikator yang dapat merangsang minat beli anggota yaitu dengan membuat kartu member yang nantinya dapat ditukar dengan suatu barang.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Transaksi Anggota, SWOT, Koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:47
Last Modified: 23 Oct 2025 04:47
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item View Item