LUKMANULHAKIM, FARIZ (2023) ANALISIS KOMPETENSI KARYAWAN KAITANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN : Studi Kasus pada Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar Kab. Bandung, Jawa Barat. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover sd Daftar Lampiran - Fariz Lukmanulhakim.pdf Download (349kB) |
|
|
Text
Bab I - Fariz Lukmanulhakim.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
Bab II - Fariz Lukmanulhakim.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text
Bab III - Fariz Lukmanulhakim.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text
Bab IV - Fariz Lukmanulhakim.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text
Bab V - Fariz Lukmanulhakim.pdf Download (125kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Fariz Lukmanulhakim.pdf Download (74kB) |
Abstract
FARIZ LUKMANULHAKIM, 2023. Analisis Kompetensi Karyawan Kaitannya Dengan Kinerja Karyawan. Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar Kab. Bandung, Jawa Barat, di bawah bimbingan Sukmahadi. KSU RW 05 Bukit Ligar merupakan koperasi yang memiliki tiga unit usaha yaitu Unit Simpan Pinjam, Unit Air, dan Unit Perdagangan Barang dan Jasa. KSU RW 05 Bukit Ligar berdiri pada tahun 1993, koperasi ini berdiri disebabkan oleh kekeringan air pada kompleks Bukit Ligar, disatukan dengan kepentingan bersama pada akhirnya dibuatlah koperasi bernama Koperasi Air yang sekarang dikenal dengan Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar. Permasalahan yang dihadapi koperasi yaitu tingkat kinerja karyawan yang menurun yang disebabkan oleh kompetensi karyawan yang harus ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kompetensi karyawan, kinerja karyawan dan upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui kompetensi karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan masalah dengan teori – teori perkoperasian, manajemen sumber daya manusia, kompetensi karyawan, dan kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh melalui analisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data yang diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka dan literatur dianalisis secara deskriptif. Dengan menggunakan skala likert melalui pengukuran skoring setiap indikator, penulis bisa menyimpulkan indikator – indikator kompetensi karyawan mana saja yang harus diperhatikan dan ditingkatkan atau dipertahankan oleh koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan pada koperasi sudah cukup baik dan kinerja karyawannya pun sudah cukup baik, kemudian dilihat dari hal tersebut agar kompetensi karyawan dan kinerja karyawan pada koperasi menjadi sangat baik harus ditingkatkan kembali dari segi kemampuan karyawan dalam memberikan inovasi dan solusi serta penguasaan teknologi agar kinerja karyawan meningkat yang nantinya akan mencapai target yang telah direncanakan koperasi sebelumnya dengan lebih mudah dan membuat koperasi menjadi berkembang di masa depan. Maka koperasi harus memberikan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan agar menjadi lebih kompeten.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Karyawan, Kinerja Karyawan, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:31 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 03:31 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
