PENGARUH PELAKSANAAN PELATIHAN PEMASARAN DALAM PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Studi Kasus Pada Peserta Wirausaha Merdeka Universitas Padjadjaran)

AZIZAH, RAINA FATHUL (2024) PENGARUH PELAKSANAAN PELATIHAN PEMASARAN DALAM PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Studi Kasus Pada Peserta Wirausaha Merdeka Universitas Padjadjaran). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
cover daftar isi raina - Raina Azizah_compressed.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I raina - Raina Azizah_compressed.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB II raina - Raina Azizah_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III raina - Raina Azizah_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV raina - Raina Azizah_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB V raina - Raina Azizah_compressed.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1 raina - Raina Azizah_compressed.pdf

Download (74kB)
[img] Text
kajian koperasi minor raina - Raina Azizah_compressed.pdf

Download (184kB)

Abstract

Raina Fathul Azizah, 2024. Pengaruh Pelaksanaan Pelatihan Pemasaran dalam Program Wirausaha Merdeka terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Peserta Wirausaha Merdeka Universitas Padjadjaran), dibawah bimbingan H. Gijanto Purbo Suseno. Program Wirausaha Merdeka dilaksanakan untuk memberikan dorongan kepada mahasiswa yang ingin berwirausaha untuk berinovasi dan menciptakan solusi yang kreatif dalam menghadapi tantangan bisnis.dan pemahaman mendalam tentang pemasaran. Peserta merasa bahwa pelaksanaan pelatihan pemasaran yang dilalui memiliki dampak terhadap keberhasilan usaha yang dijalankan. Tujuan penelitian ini guna menganalisis bagaimana pelatihan pemasaran terhadap keberhasilan usaha peserta program wirausaha merdeka yang dilaksanakan oleh Universitas Padjadjaran pada tahun 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah peserta wirausaha merdeka Universitas Padjadjaran. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner responden mengenai variabel pelatihan pemasaran dan keberhasilan usaha dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji R Square yang dibantu dengan aplikasi SPSS 24. Hasil dari disimpulkan penelitian yang dilakukan ini menunjukan bahwa meskipun korelasi antara Pelatihan Pemasaran dan Keberhasilan Usaha lemah, jika hasil uji regresi menunjukkan pengaruh yang signifikan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pemasaran memang mempengaruhi keberhasilan usaha secara nyata, tetapi kekuatan pengaruhnya tidak besar. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pelatihan pemasaran yang diberikan sudah positif dan sangat baik terhadap keberhasilan usaha yang telah dijalankan oleh peserta wirausaha merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pemasaran, Keberhasilan Usaha, Wirausaha Merdeka
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:24
Last Modified: 05 Nov 2025 04:24
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item