EFEKTIVITAS KOMUNIKASI IKLAN PRODUK PADIMAS PADA PROGRAM MORNING SHOW DAN AFTERNOON SHOW (Studi Kasus Pada 106,3 FM Urban Radio Bandung)

FAHIRA, ZAHRA ZAKIYAH (2025) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI IKLAN PRODUK PADIMAS PADA PROGRAM MORNING SHOW DAN AFTERNOON SHOW (Studi Kasus Pada 106,3 FM Urban Radio Bandung). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ZAHRA ZF.pdf

Download (418kB)

Abstract

Zahra Zakiyah Fahira. 2025. Efektivitas Komunikasi Iklan Produk Padimas pada Program Morning Show dan Afternoon Show. Studi Kasus pada 106,3 FM Urban Radio Bandung di bawah bimbingan H. Wawan Lulus Setiawan. Dominasi belanja iklan digital di Indonesia membuat media radio harus beradaptasi dan terus meningkatkan efektivitas komunikasi iklan agar tetap relevan dan diminati oleh pengiklan maupun pendengar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penempatan iklan pada program unggulan yang disesuaikan dengan karakteristik pendengar. 106,3 FM Urban Radio memiliki program Morning Show dan Afternoon Show yang menjadi program prime time dalam mengiklankan produk Padimas Cup Cake. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas komunikasi iklan produk Padimas pada program Morning Show dan Afternoon Show berdasarkan dimensi EPIC Model dan seberapa besar tingkat efektivitas setiap dimensi EPIC Model pada program Morning Show dan Afternoon Show di 106,3 FM Urban Radio. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka dengan analisis data kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua program memiliki efektivitas komunikasi iklan berdasarkan dimensi EPIC Model yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Program Morning Show memperoleh EPIC rate sebesar 289,95 sedangkan program Afternoon Show memperoleh EPIC rate sebesar 266,43. Dimensi Impact menjadi dimensi dengan skor rata-rata tertinggi dan dimensi Communication menjadi dimensi dengan skor rata-rata terendah pada program Morning Show. Sedangkan, pada program Afternoon Show dimensi Persuasion memiliki skor rata-rata tertinggi dan dimensi Empathy memiliki skor rata-rata terendah. Temuan ini menunjukkan bahwa program Morning Show memiliki tingkat efektivitas komunikasi iklan produk Padimas Cup Cake yang sedikit lebih tinggi dibandingkan program Afternoon Show, yang didukung oleh karakteristik pendengar, gaya penyiaran, serta konsep program Morning Show yang lebih sesuai dengan segmen pendengar pagi hari.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, Radio, EPIC Model
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:48
Last Modified: 17 Nov 2025 04:48
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item