ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit KKB Mart Koperasi Keluarga Besar Ikopin University Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat)

Dogopia, Kornelia Ema (2025) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit KKB Mart Koperasi Keluarga Besar Ikopin University Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover - Korry ema.pdf

Download (729kB)
[img] Text
Bab I - Korry ema.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Bab II - Korry ema.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
Bab III - Korry ema.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
Bab IV - Korry ema.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Bab V - Korry ema.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Korry ema.pdf

Download (337kB)

Abstract

KORNELIA EMA DOGOPIA. 2025. Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus Pada Unit KKB Mart Koperasi Keluarga Besar Ikopin University Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat), dibawah bimbingan Ucu Nurwati. Salah satu usaha yang dikelola oleh koperasi konsumen KKB IKOPIN adalah Unit KKB Mart, Permasalahan yang dihadapi yaitu penurunan pertumbuhan pendapatan Unit KKB Mart yang diduga karena bauran eceran yang dilaksanakan oleh unit tersebut kurang sesuai dengan harapan anggota sehingga mengalami kenaikan dan penurunan partisipasi Anggota. Dengan melakukan analisis bauran eceran diharapkan dapat diketaui sejauh mana Unit KKB Mart melaksanakan bauran eceran dan bagaimana tanggapan anggota terhadap bauran eceran yang dilaksanakan KKB Mart. Berdasarkan hasil dari kuisioner dan wawancara yang sudah dilakukan kepada responden yang notabenya adalah anggota Koperasi Keluarga Besar IKOPIN, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap penerapan bauran eceran pada KKB Mart termasuk dalam kriteria cukup baik jika dilihat dari lokasi, pelayanan, harga dan metode promosi yang dila-kukan oleh unit usaha KKB Mart, meskipun demikian masih banyak yang harus diperbaiki untuk memaksimalkan kualitas pelayanan yang bisa diberikan oleh KKB Mart kepada anggota koperasi. Berdasarkan frekuensi dan nilai transaksi pembelian yang tergolong rendah, partisipasi anggota dalam belanja di KKB Mart masih belum optimal. Hal ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya variasi produk, harga yang kurang kompetitif, serta pelayanan yang belum maksimal. Untuk meningkatkan partisipasi tersebut, koperasi dapat menerapkan sejumlah strategi seperti perbaikan pelayanan, program loyalitas anggota, peningkatan kualitas produk, serta sosialisasi yang berkelanjutan mengenai manfaat berbe-lanja di koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Eceran, Meningkatkan Partisipasi Anggota dan Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:30
Last Modified: 17 Dec 2025 02:30
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item