Ramdhini, Evi Yulianti (2024) ANALISIS PENERAPAN RETAILING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Unit Niaga Market Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
COVER EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed.pdf Download (285kB) |
|
|
Text
BAB I EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148-22-33 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
BAB II EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
|
Text
BAB III EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text
BAB IV EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
|
Text
BAB V EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed.pdf Download (140kB) |
|
|
Text
DAFUS EVI YULIANTI RAMDHINI C1200148 - Evi Yulianti Ramdhini_compressed.pdf Download (140kB) |
Abstract
Evi Yulianti Ramdhini, 2024, Analisis Penerapan Retailing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Unit Niaga Market Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung). Di bawah bimbingan H. Indra Fahmi dan Fitriana Dewi Sumaryana. Objek dari penelitian ini adalah Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung yang di fokuskan kepada salah satu unit usaha yaitu Unit Niaga Market. Volume penjualan Unit Niaga Market mengalami kondisi yang fluktuatif, menggambarkan bahwa kurangnya transaksi yang di lakukan oleh anggota di Unit Niaga Market. Hal ini terjadi diduga karena produk yang tersedia kurang lengkap, kurangnya promosi kepada anggota, fasilitas fisik seperti desain interior dan eksterior yang kurang menarik. Faktor-faktor tersebut menunjukan bahwa penerapan Retailing Mix diduga belum dikelola dengan baik. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui Retailing Mix yang telah dilaksanakan di Unit Niaga Market Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang terhadap penerapan Retailing Mix, dan upaya-upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh Unit Niaga Market Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan volme penjualan melalui perbaikan Retailing Mix. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode penelitian studi kasus yang bersifat deskriprif dengan maksud untuk memahami, mempelajari, dan menganalisis data. Penggunaan pendekatan secara khusus dan mendalam melalui wawancara dan pengamatan langsung, alat analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan volume penjualan, Unit Niaga Market perlu melakukan perbaikan signifikan dalam pelaksanaan Retailing Mix, terutama dalam hal desain eksterior yang menarik dan tampilan yang lebih baik. Perbaikan pada aspek-aspek ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan anggota, menarik lebih banyak anggota untuk bertransaksi, dan mendorong peningkatan volume penjualan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Retailing Mix, Volume Penjualan, Diagram Kartesius, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:31 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:31 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
