Sanusi, Widi Ahmad (2019) ANALISIS PELAYANAN UNIT USAHA PERDAGANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi kasus pada Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya Kabupaten Bandung Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
Abstract
WIDI AHMAD SANUSI (C1150081), Analisis Pelayanan Unit Usaha Perdagangan dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi penelitian di Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya dibawah bimbingan UCU NURWATI. Keberadaan Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia diharapkan bisa sangat membantu kebutuhan para anggota dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari hari. Pelayanan dan partisipasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, oleh karena itu dalam pelaksanaannya perlu diupayakan agar kedua unsur tersebut dapat berjalan searah untuk mencapai tujuan Koperasi yaitu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota. Namum kenyataanya partisipasi anggota di Unit perdagangan ini masih belum maksimal dimana jumlah anggota yang berpartisipasi pada tahun 2018 mengalami penurunan sebesar 16,3% dari tahun sebelunya dan jumlah anggota yang memanfaatkan pelayanan sebesar 50% dari jumlah anggota keseluruhan yang berjumlah 605. Dalam penelitian ini, akan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus adalah mendeskripsikan fenomena yang terjadi ditempat penelitan. Dalam mengolah data yang diperoleh agar dapat menjawab identifikasi masalah maka untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya, akan di analisis secara deskriptif melalui data dan informan yang telah diperoleh dari anggota dengan mengisi data kuesioner oleh responden kemudian dievaluasi dengan menggunakan metode skorong. Bedasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya apabila ditinjau hasil kuesioner dari 36 responden para anggota memiliki kriteria pelayanan yang cukup baik untuk melayani kebutuhan anggotanya. Akan tetapi ada beberapa indikator yang memiliki kriteria yang harus di perbaiki menjadi lebih baik lagi, agar partisipasi anggota bertambah memanfaatkan pelayanan yang disediakan unit perdagangan. Pemecahan masalah dalam upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota yaitu :penambahan Jam buka tutup toko yang di disarankan, walau ada beberapa yang harus dipertimbangan mengenai sumberdaya manusianya, pendanaan, serta pasilitas-pasilitas yang lainnya. Keragaman jenis produk/barang yang beraneka ragam yang dibutuhkan anggota, serta harga produk yang diinginkan lebih murah dari pesaing dengan membeli barang ketersediaan di glosir atau di produsennya langsung anggar harga yang nantinya ditawarkan ke anggota dapat lebih murah dari pesaing, dan Informasi produk terhadap anggota yang jelas sehingga anggota dapat mengetahui informasi tentang unit usaha perdagangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Unit Usaha,Meningkatkan Partisipasi,Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:31 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |