ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP RELATIONSHIP MARKETING DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA (DILIHAT DARI TRANSAKSI PELANGGAN) (Studi Kasus pada UKM Mie GR di Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah)

Khusnia, Aris Mila (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP RELATIONSHIP MARKETING DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA (DILIHAT DARI TRANSAKSI PELANGGAN) (Studi Kasus pada UKM Mie GR di Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

Aris Mila Khusnia, Analisis Implementasi Konsep Relationship Marketing dalam Hubungannya dengan Perkembangan Usaha (Dilihat dari Transaksi Pelanggan). Studi kasus pada UKM Mie GR di Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bisnis merupakan salah satu kegiatan yang mempengaruhi perkembangan suatu negara. Salah satu bisnis yg berkembang sangat pesat adalah makanan, implementasi bisnis salah satunya adalah ukm.keberadaan ukm sebagai salah satu kegiatan ekonomi rakyat. Salah satunya yaitu ukm mie mentah ini dengan merk GR. UKM ini didirikan oleh bapak rudiyanto sejak tahun 1996.. Dilihat dari perkembangan usahanya pendapatan usaha mie ini naik tiap tahunnya, walaupun kenaikannya masih relatif kecil. Hal ini mungkin terjadi karena banyaknya pesaing yang sama yaitu usaha mie mentah. Karena persaingan semakin ketat maka mie gr melakukan inovasi agar usahanya tetap terus berkembang. Dalam perkembangan bisnisnya Mie GR menerapkan suatu starategi yaitu konsep relationship marketing.yaitu suatu konsep strategi marketing yg bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yg saling memuaskan guna mendapatkan dan mempertahankan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan konsep relationship marketing sebagai variabel independen (X) dan perkembangan Usaha sebagai variabel dependen (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep relationship marketing dengan perkembangan usaha jika dilihat dari transaksi pelanggannya. iv Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang terkumpul diolah dalam bentuk angka akan diuji dengan metode statistik. Dan yang dihubungkan hanya pelanggan dengan perkembangan transaksi pelanggan. Sampel yang digunakan yaitu 36 dari keseluruhan pelanggan Mie GR. Untuk memperoleh data penulis melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. untuk pegawai, pemasok, dan koperasi juga sama dilakukan wawancara dan penyebaran kuesioner namun tidak dihubungkan dengan perkembangan usaha, karena penelitian ini hanya dilihat dari transaksi pelanggan. Untuk mengetahui hubungan konsep relationship marketing dengan perkembangan usaha , teknik yang dilakukan dalam penelitan ini menggunakan uji spearman rank correlation dimana variable X diambil dari hasil kesioner 36 responen pada konstituen pelanggan dan variable Y diambil dari transaksi pelanggan yang dilakukan responden pada tahun 2013-2017. Hasil dari pengujian ternyata tidak terdapat hubungan antara konsep relationship marketing dengan perkembangan usaha, hal ini terjadi dikarenakan perusahaan belum maksimal melakukan sosialisasi terhadap konsep relationship marketing yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Perkembangan Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:50
Last Modified: 27 Oct 2020 07:50
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item