Saputro, Yunus Ardi (2018) ANALISIS DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA WITJAYA BAKERY (Studi Kasus pada Usaha Kecil Menengah Witjaya Bakery di kota Magelang, Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (134kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (122kB) |
Abstract
Yunus Ardi Saputro, Analisis Diversifikasi Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Witjaya Bakery di Kota Magelang, Jawa Tengah). Dibimbing oleh Drs. Dadan Hamdani, M.M. Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sektor Koperasi harus terus diberdayakan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Pemberdayaan kedua sektor tersebut dapat dilakukan dengan menyatupadukan kekuatan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dan potensi perkoperasian. Usaha Witjaya Bakery merupakan usaha yang dimiliki salah satu anggota Pra Koperasi Selaras Rasa. Permintaan pasar yang semakin meningkat mengharuskan untuk mengembangkan usahanya di bidang Bakery. Usaha Witjaya Bakery dari tahun ke tahun sangat berfluktuasi, namun penurunan terjadi pada tahun 2016 ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah adanya pesaing baru yang menawarkan produk baru dan merebut sebagian kecil pasar Witjaya Bakery, hal tersebut yang menyebabkan volume penjualan pada Witjaya Bakery mengalami penurunan sebesar 19,30 %. Konsumen pelantara dan akhir Witjaya Bakery membutuhkan varian produk baru sehingga mereka beralih ke produk pesaing. Untuk itu Witjaya Bakery berencana untuk menciptakan diversifikasi produk baru agar dapat meningkatkan kembali volume penjualan Witjaya Bakery dan agar dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen pelantara dan akhir. Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk Menganalisis diversifikasi produk baru dalam meningkatkan volume penjualan Witjaya Bakery. Lokasi penelitian dilaksanakan di tempat produksi Witjaya Bakery di Jetis Pancuran Mas RT 06 / RW 07 Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang dan Pra Koperasi Selaras Rasa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis SWOT dan Business Model Canvas untuk mengetahui penerapan diversifikasi produk baru ini serta mengetahui alternatif strategi yang akan diterapkan pada Usaha Witjaya Bakery. Hasil analisis SWOT Usaha Witjaya Bakery berada pada kuadran I yaitu strategi agresif, alternatif strategi yang tepat yaitu S-O yang memungkinkan Usaha Witjaya Bakery terus bergerak dalam memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada. Strategi yang digunakan untuk diversifikasi produk baru Witjaya Bakery menggunakan tahapan dalam melakukan diversifikasi produk baru dan menggunakan startegi Produk, Harga, serta Promosi. Hasil analisis diversifikasi produk dengan menggunakan Business Model Canvas terdiri dari 9 elemen yaitu Customer Segment, Value Preposition, Channels, Customers Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost structures. Dari ke sembilan balok tersebut sangat memudahkan Witjaya bakery dalam menentukan langkah-langkah yang harus di ambil dalam melakukan diversifikasi produk ini untuk meningkatkan volume penjualannya. Selain itu, dengan melihat dari permintaan terhadap diversifikasi produk baru Witjaya Bakery dari tahun ke tahun mengalami kenaikan 1,09%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, Volume Penjualan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:39 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:39 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/886 |
Actions (login required)
View Item |