Setiawan, Fiki Rahmat (2020) ANALISIS PENGADAAN BARANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Kopmart Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
Abstract
Fiki Rahmat Setiawan, Analisis Pengadaan Barang dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus pada Unit Usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung), di bawah bimbingan Ibu Ucu Nurwati. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Unit Usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa UNISBA yang mana unit ini menjalankan usaha yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan anggota sehari-hari. Unit usaha Kopmart saat ini memiliki beberapa distributor tetap yang memasok barang-barang dagangan setiap 2 minggu dan Unit ini juga mengadakan kerja sama dengan anggota maupun warga disekitar Kampus UNISBA untuk menjual barangnya di Kopmart dengan sistem bagi hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pengadaan barang yang dilaksanakan oleh Unit usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa UNISBA. (2) Tanggapan anggota terhadap pengadaan barang yang dilakukan oleh Unit Kopmart Koperasi Mahasiswa UNISBA. (3) Tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Kopmart Koperasi Mahasiswa UNISBA. (4) Upaya-Upaya Perbaikan Pengadaan barang yang bagaimana yang harus dilakukan Unit Kopmart Koperasi Mahasiswa UNISBA agar partisipasi anggota meningkat sehingga Unit usaha Kopmart dapat dipertahankan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengadaan barang yang dilakukan oleh Unit Usaha Kopmart baik dan mampu memenuhi kebutuhan untuk anggotanya. Anggota juga menilai bahwa pengadaan barang yang dilakukan oleh Unit Usaha Kopmart baik karena mampu menyediakan barang dagangann yang dibutuhkan. Namun partisipasi anggota sebagai pelanggan di Unit Usaha Kopmart ini tidak baik, anggota hanya berbelanja di bawah 4 kali dalam satu minggunya dan jumlah uang yang dibelanjakan kurang dari Rp. 20.000 dalam satu minggunya. Rendahnya partisipasi anggota sebagai pelanggan ini dipicu karena lokasi Kopmart yang kurang strategis dan kurang mudah dijangkau oleh mayoritas anggota Kopma saat ini, penyebab lainnya adalah kurangnya pemahaman anggota akan pentingnya berpartisipasi aktif di Koperasi, anggota kurang sadar akan hak dan kewajibannya sabagai anggota Koperasi, pemberian pendidikan tentang perkoperasian yang kurang maksimal terhadap anggota, dan kurangnya motivasi dari anggota untuk berpartisipasi aktif di Koperasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengadaan Barang Dagangan, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:56 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:56 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |