ANALISIS KINERJA USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN TOLAK UKUR BALANCE SCORECARD (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery Kec. Bangil, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur)

Pribadi, Yuniar Wahyu (2020) ANALISIS KINERJA USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN TOLAK UKUR BALANCE SCORECARD (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery Kec. Bangil, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB)

Abstract

Yuniar Wahyu Pribadi (2020), Analisis Kinerja Usaha Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Menggunakan Tolakukur Balance Scorecard (Studi Kasus Pada usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasururan, Provinsi Jawa Timur) di bawah Bimbingan Bapak Agus Arifin. Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery resmi berdiri pada tahun 2001 telah mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnis, yang awalnya hanya menawarkan sedikit produk(kue) dan kini sudah memperbanyak produk yang akan ditawarkan. Jika dilihat dari penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery tahun 2015-2019, pada tahun 2018 keniakannya relatif menurun, sehingga perlu adanya peningkatan kinerja perusahaan agar bisnis tetap berjalan. Maka dari itu dilakukan analisis kinerja dengan metode Balanced Scorecard untuk mengetahui sejauhmana kinerja usaha dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Perspektif yang di analisis ada empat yaitu Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, dan Perspektif Keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan pada penilaian perspektif pelanggan dapat disimpulkan bahwa pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli bakery dalam keadaan baik. Berdasarkan hasil perhitungan pada penilaian perspektif bisnis internal dapat disimpulkan bahwa karyawan Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli bakery dalam keadaan baik. Berdasarkan hasil perhitungan pada penilaian perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa karyawan Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery berada dalam kategori cukup baik. Oleh sebab itu, Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery harus meningkatkan kinerjanya dalam melakukan kegiatan yang ada pada sub-sub indikator perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan pada penilaian perspektif keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yuli Bakery dilakukan dengan menggunakan rasio keuangan seperti Likuiditas yang dalam kondisi overlikuid, Solvabilitas dan Rentabilitas dalam kondisi sangat baik serta Total asset turn over dalam keadaan kurang baik. Untuk upaya meningkatkan volume penjualan sangat perlu adanya pengukuran kinerja usaha menggunakan metode Balanced Scorecard. Oleh sebab itu, penggunaan metode Balanced Scorecard sangat perlu diteliti, karena akan menyebabkan peningkatan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Balance Scorecard, Bisnis, pengukuran kinerja, UMKM
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:34
Last Modified: 08 Mar 2023 07:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item