EVALUASI KEMASAN PRODUK SUSU DAN YOGHURT KPSBU LEMBANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara KPSBU)

Kutanggas, Anggela Fortunata (2021) EVALUASI KEMASAN PRODUK SUSU DAN YOGHURT KPSBU LEMBANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara KPSBU). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (48kB)

Abstract

Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) ini adalah wadah bagi para peternak sapi perah, dimana dalam perkembangan usahanya berusaha untuk tanggap dengan banyaknya kebutuhan bagi pelanggannya, dan berusaha untuk selalu meningkatkan serta mempertahankan kesetiaan dan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui secara mendalam upaya-upaya KPSBU untuk menghadapi dan menjaga kualitas produksi susu agar tidak menurun dan menghadapi perusahaan pesaingnya agar pelanggan merasa puas. Dalam upaya memenuhi kebutuhan anggotanya, KPSBU Lembang memiliki bidang usaha dan pelayanan anggota dibidang pemasaran yaitu sebagai berikut: (Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus KPSBU Lembang tahun buku 2017): (1) Produksi Susu, Pemasaran dan Kualitas Susu, (2) Pengelolaan Susu dan (3) Waserda. Kemasan merupakan sebuah wadah yang digunakan oleh perusahaan untuk membungkus produknya yang akan dipasarkan. Kemasan sendiri memiliki arti secara umum bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan, benturan. Selain itu fungsi kemasan yaitu untuk menampilkan image serta pandangan terhadap suatu isi produk sehingga menampilkan cirri khas dan keunggulan yang perbedaan dengan produk yang lainnya, maka kemasan didesain sedemikian rupa disesuaikan dengan produknya agar pesan yang disampaikan dpat ditangkap oleh konsumen. Sering kali para pelaku bisnis yang sedang bersaing kurang focus akan tampilan dan fungsi dari sebuah kemasan dari produk yang mereka miliki, sehingga kemasannya kurang tepat guna disajikan. Saat ini persaingan semakin ketat maka dari itu perancangan desain sebuah kemasan harus menarik agar dapat menunjukkan perbedaan keunggulan dari produknya selain itu juga untuk dapat menyampaikan tujuan dari produknya, beda dengan jaman dahulu banyak masyarakat tidak memperdulikan penampilan dari kemasan karena dahulu masih sedikit produk yang dijual sehingga tidak ada persaingan.Maka dari itu diperlukan adanya Evaluasi Kemasan Produk Susu Dan Yoghurt KPSBU Lembang Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing xvii Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari, mengumpulkan, menganalisis dan mengolah data serta informasi yang diperoleh untuk digunakan dalam acara pemecahan masalah yang telah diidentifikasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana kemasan produk susu dan yoghurt KPSBU Lembang, (2) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap kemasan produk KPSBU dan produk pesaing, (3) Untuk mengetahui langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh KPSBU untuk meningkatkan daya saing produk susu dan yoghurt ditinjau dari kemasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kasus. Tujuannya untuk menggali variabel-variabel beserta unsur-unsurnya secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang dari suatu peristiwa dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang ditelitinya. Variabel kemasan produk susu dan yoghurt memengaruhi daya saing pada sentra industry pengolahan susu baik pasteurisasi maupun yoghurt. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian di lapangan yang menyatakan bahwa konsumen lebih banyak menginginkan suatu produk apabila kemasan produk tersebut diinovasi sepertidengan membuat variasi rasa, ukuran dan daya Tarik kemasan. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa produk olahan susu pasteurisasi kurang diminati oleh konsumen dikarenakan memiliki kelemahan dalam hal kemasan produk. KPSBU lembang kurang menginovasi kemasan produk yang dihasilkan, sehingga terkesan biasa-biasa saja dan tidak memiliki ciri khas serta daya tarik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk, Meningkatkan Daya Saing
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:32
Last Modified: 13 Feb 2025 08:32
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item