ANALISIS PLATFORM SOCIAL MEDIA X (TWITTER) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM SEVENTEEN (Studi kasus pada Komunitas Penggemar Boyband Seventeen di Bandung)

Gandi, Vania Griselda Firjatullah Hatma (2024) ANALISIS PLATFORM SOCIAL MEDIA X (TWITTER) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM SEVENTEEN (Studi kasus pada Komunitas Penggemar Boyband Seventeen di Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Cover&Daftar isi - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Vania Griselda Firjatullah Hatma Gandi_compressed.pdf

Download (136kB)

Abstract

VANIA GRISELDA FIRJATULLAH HATMA GANDI. 2024. Analisis Platform Social Media X (Twitter) Terhadap Keputusan Pembelian Album Seventeen, Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Boyband Seventeen di Bandung, di bawah bimbingan Dandan Irawan. Penelitian ini menganalisis platform sosial media X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) terhadap keputusan pembelian album grup musik K-pop Seventeen. Di era digital saat ini, media sosial memainkan peran krusial dalam industri hiburan, khususnya dalam mempengaruhi perilaku konsumen penggemar K-pop. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana manfaat platform social media X dalam keputusan pembelian album Seventeen, bagaimana hubungan social media dengan keputusan pembelian pada album Seventeen, dan upaya yang harus dilakukan agar penjulan memenuhi target penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 621 followers akun Twitter @CaratdeulBDG_ dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 orang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manfaat platform social media X dalam keputusan pembelian album Seventeen, hubungan social media dengan keputusan pembelian pada album Seventeen, dan upaya yang dapat dilakukan. Untuk proses analisis data menggunakan uji asumsi klasik, relibilitas, uji validitas, analisis regresi sederhana dengan social media sebagai variabel X (independen) dan keputusan pembelian sebagai variabel Y (dependen). Manfaat social media memiliki manfaat yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil bahwa social media terhadap keputusan pembelian sebesar 42,4 % dan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor psikologis, faktor perilaku pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Social Media, X (Twitter), K-pop, Keputusan pembelian
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:51
Last Modified: 18 Jul 2025 07:51
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item