PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ANGGOTA : Studi kasus pada Unit Usaha Perdagangan Barang dan Jasa Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar

Nafiah, Indah Yulianti (2023) PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ANGGOTA : Studi kasus pada Unit Usaha Perdagangan Barang dan Jasa Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
cover sampai dengan daftar isi - Indah Yulianti.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I - Indah Yulianti.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II - Indah Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III - Indah Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV - Indah Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V - Indah Yulianti.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Indah Yulianti.pdf

Download (185kB)

Abstract

INDAH YULIANTI NAFIAH, 2023. Pengaruh store atmosphere (suasana toko) terhadap keputusan pembelian konsumen anggota. Studi kasus pada Koperasi RW 05 Bukit Ligar Bandung, dibawah bimbingan Hj. Nanik Risnawati dan Mohammad Fahreza. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere yang terdiri dari exterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian konsumen di Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar Bandung. Berdasarkan hasil survey kepada anggota yang tidak melakukan pembelian, beralasan dikarenakan Unit Perdagangan Barang dan Jasa KSU RW 05 Bukit Ligar belum sepenuhnya memperhatikan barang yang dijual apakah masih layak di konsumsi atau tidak (expired date kurang diperhatikan), promosi yang dilakukan belum tercapai karena komunikasi informasi yang masih kurang berjalan baik di social media maupun di papan informasinya itu sendiri, adapun barang-barang yang harganya masih cukup tinggi, membuat konsumen tidak melakukan pembelian. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik dalam mengumpulkan data adalah wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling jenis simple random sampling dengan responden sebanyak 43 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan keputusan pembelian konsumen di Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar berada pada kategori baik. Hasil pengujian hipotesis secara simultan, store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian sebesar 58,2%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor kualitas produk dan harga yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial didapat sub variabel exterior, store layout dan interior display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan general interior tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar. Store layout memiliki pengaruh terbesar diikuti interior display dan exterior. Sedangkan sub variabel general interior memiliki pengaruh paling kecil dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Keputusan Pembelian Konsumen, Konsumen Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 29 Oct 2025 08:49
Last Modified: 29 Oct 2025 08:49
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item