ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Peternakan Koperasi Unit Desa Pasir Jambu)

Akbar, Ramdhan Rohmatul (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Peternakan Koperasi Unit Desa Pasir Jambu). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Ramdhan Rohmatul Akbar, Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus pada Unit Usaha Peternakan Sapi Perah Koperasi Unit Desa (KUD) Pasir Jambu Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung Jawa Barat, di bawah bimbingan Drs. Dadan Hamdani, MM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Usaha Peternakan Sapi Perah Koperasi Unit Desa (KUD) Pasir Jambu dan juga pelayanan yang diberikan serta tanggapan anggota mengenai pelaksanaan serta harapan pelayanan yang diberikan oleh KUD Pasir Jambu khususnya pada unit peternakan. Partisipasi merupakan faktor yang paling penting dalam mendukung keberhasilan atau perkembangan koperasi. Melalui partisipasi segala aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan direalisasikan semua program yang harus dilaksanakan oleh manajemen perlu memperoleh dukungan dari semua unsur atau komponen yang ada dalam koperasi. Partisipasi anggota dapat ditingkatkan salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi. Pelayanan tersebut tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Untuk kasus pada Unit Usaha Peternakan Sapi Perah Koperasi Unit Desa (KUD) Pasir Jambu, digunakan pendekatan pelayanan yaitu pelayanan jasa. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa pelayanan kepada anggota di Unit Usaha Peternak Sapi Perah Koperasi Unit Desa (KUD) Pasir Jambu masih dinilai belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh anggota. Sehingga partisipasi anggota untuk koperasi itu sendiri masih dinilai rendah dari segi transaksinya, Maka agar partisipasi anggota di KUD Pasir Jambu dapat meningkat, maka upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan harus dilakukan koperasi untuk anggotanya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Meningkatkan Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:03
Last Modified: 03 Jul 2025 02:03
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item